Jadi Instalasi TPS Percontohan, Kecamatan Kalidoni Mulai Gencar Sosialisasikan Pembangunan TPST Di Kelurahan

WhatsApp Image 2019-08-15 at 09.56.59
WhatsApp Image 2019-08-15 at 09.56.54
WhatsApp Image 2019-08-15 at 09.56.55

Wacana pembangunan instalasi TPS (Tempat Pengelolaan Sampah) 3R di Kota Palembang bukan sekedar isapan jempol belaka, pasalnya Kecamatan Kalidoni yang menjadi pelopor dalam pembangunan Instalasi TPS 3R mulai gencar melakukan sosialisasi terkait rencana ini. 

Selain Kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Kalidoni, banyak juga permintaan untuk menjadi narasumber di Kelurahan lainnya, seperti di Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati Kota Palembang. Kamis (15/08). Camat Kalidoni Arie Wijaya, S. STP, M. Si mengaku senang dengan permintaan Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati yang meminta narasumber dari Kecamatan Kalidoni untuk mengisi kegiatan sosialisasi pembangunan TPST (Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu) yang rencananya juga akan di bangun di Kelurahan Karya Jaya. Pada kegiatan tersebut kami telah mengirimkan 2 orang narasumber guna membantu pihak Kelurahan Karya Jaya untuk mengenalkan program sekaligus konsep pengelolaan sampah 3R kepada masyarakat disana. Jelasnya.

Sementara itu Hendy, ketua Satker Kecamatan sekaligus narasumber menjelaskan pada dasarnya Pembangunan Instalasi TPS 3R ini membutuhkan SDM dan Dana yang cukup agar operasional nya dapat berjalan dengan maksimal, mengingat permasalahan sampah di Kota Palembang sudah sangat serius dan perlu upaya maksimal khususnya dari Pemerintah Kota guna menanggulanginya. 

Hendy menambahkan, pembangunan instalasi TPS 3R merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, karena mengusung konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) yang sesuai dengan standar pengelolaan sampah yang baik. Reduce artinya; Mengurangi penggunaan sampah yang bisa merusak lingkungan seperti kantong plastik dan tissue, Reuse artinya; Menggunakan kembali sampah yang masih bisa dimanfaatkan seperti Tas belanja pengganti kantong plastik dan Recycle artinya Mendaur ulang kembali sampah seperti sampah sayuran dan buah-buahan menjadi pupuk kompos.

Selain itu pemanfaatan instalasi TPS nantinya bukan hanya dilaksanakan untuk pengelolaan sampah saja, akan tetapi bisa dikembangkan menjadi produk turunan yang bernilai materi seperti ; pemanfaatan sampah plastik menjadi BBM, budidaya maggot dari sampah organik, pembuatan pupuk kompos, serta budidaya kolam lele sistem bioflok.  Kami juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah dengan konsep 3R ini, agar semua pihak bisa ikut andil dalam menjaga kebersihan dan menggali potensi bisnis yang ada  khususnya di wilayah Kota Palembang. tutupnya. (ast)