Maksimalkan Potensi UMKM, Camat Kalidoni Gelar Pelatihan Urban Farming

Camat Kalidoni saat menyampaikan sambutan di hadapan peserta pelatihan

WhatsApp Image 2019-08-07 at 10.56.54

WhatsApp Image 2019-08-07 at 10.57.06

Guna meningkatkan dan memaksimalkan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kecamatan Kalidoni, Camat Kalidoni Arie Wijaya, S. STP, M. Si bekerja sama dengan Bank BNI Capem PUSRI dan Bank Palembang melakukan kegiatan pelatihan bersama warga masyarakat yang ada di lingkungan Kecamatan Kalidoni. Rabu (07/08). 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada para pelaku usaha khususnya mikro untuk mengembangkan usahanya dengan baik. Fokus utama pelatihan ini adalah materi urban farming atau pertanian kota, mengingat topografi dari Kecamatan Kalidoni merupakan wilayah pertanian namun dengan lahan yang terbatas.

Dalam sambutannya, Camat Kalidoni Arie Wijaya, S. STP, M.Si menjelaskan bahwa pelatihan ini sudah digelar sejak tahun 2017, guna memaksimalkan potensi masyarakat Kecamatan Kalidoni. Bapak/Ibu harus paham dengan potensi usaha masing-masing yang dimiliki, ujarnya. 

Hari ini kita mengundang dari pihak Bank BNI guna melakukan kerjasama bantuan modal sehingga nanti UMKM yang ada bisa melakukan pinjaman modal untuk memperluas cakupan usahanya. Kuota yang tersedia saat ini berjumlah 200 konsumen dan bagi warga yang berniat melakukan pinjaman dana, khusus nya di Bank BPR dengan jumlah pinjaman senilai Rp. 3.000,000,-tanpa agunan, jelasnya. 

Kita akan bahas bersama, bagaimana agar usaha masyarakat bisa berkembang dengan baik, salah atu caranya adalah melalui pelatihan ini. Selain bisa menjadi sarana edukasi, kegiatan pelatihan Urban Farming juga bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi warga dengan pihak perbankan. saya harap semua peserta mengikuti pelatihan dengan baik, agar ilmu yang didapatkan bisa di aplikasikan bagi kemajuan usahanya. (ast)