Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya, belajar pengolahan sampah di Instalasi TPS 3R Kalidoni

IMG-20191231-WA0082

Instalasi TPS 3R Kelurahan Kalidoni Kecamatan Kalidoni, kembali mendapatkan kunjungan dari rombongan Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir Sumatera Selatan.

Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka study terkait pengolahan sampah berbasis 3R yang ada di Jl. Urip Sumoharjo RT. 48 Kelurahan Kalidoni Kecamatan Kalidoni. Ketua Satker Kalidoni Hendi Aw, mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan yang sudah kami sampaikan di Ogan Ilir Indralaya beberapa waktu yang lalu, ada banyak bagian pengelolaan sampah yang menjadi produk turunan dari Instalasi TPS 3R ini diantaranya; Pupuk organik, cacah plastik/Komposter, Budidaya lele bioflok, budidaya maggot dan sistem penanaman buah dalam pot yang disingkat tabulampot. Ujar nya.

Sementara itu Camat Kalidoni yang diwakili oleh Plt. Kasi Pelayanan Umum Mirinsyah dalam sambutannya mengungkapkan bahwa TPS 3R ini tadinya merupakan TPS liar dan menjadi tempat pembuangan sampah dari berbagai wilayah yang tidak diolah dengan baik sehingga menimbulkan dampak polusi serta bau yang tidak sedap bagi warga sekitar. Ditambahkan Mirin, bahwa pihak Kecamatan Kalidoni berterima kasih kepada semua rombongan yang telah menyempatkan diri berkunjung utk melihat secara langsung bagaimana pengolahan sampah berbasis 3R di sini. Sebagaimana yang kita tahu bahwa prinsip 3R di TPS ini masih belum sempurna karena sifat nya standar umum dalam pengelolaan sampah yang ada, dan tujuan utama dibuat nya TPS ini adalah sebagai sarana edukasi untuk semua yang mau belajar tentang bagaimana cara mengelola sampah yang baik. Tuturnya. Disis lain Bapak Zuhaeroni yang merupakan ketua rombongan, mengatakan fokus utama nanti yang akan dilakukan di TPS ponpes Al Ittifaqiah adalah pengolahan sampah organik, saat ini pihak ponpes kesulitan dengan pengolahan sampah karena setiap hari kurang lebih 2 trcuk sampah dihasilkan dari ponpes kami. Sehingga kami berencana membuat Instalasi TPS yang sama dengan yang ada di Kalidoni. Insha allah nantinya rencana Pembangunan TPS akan bersumber dari bantuan dana CSR PT. Pusri dan akan dibangun pada Januari 2020. Tutupnya. (Ast)