Soft Launching WarSa (Warung Serba Ada) dan Bazar Cashless serta menampilkan Motor dan Sepeda Listrik

Soft launching waRsa (Warung Serba Ada) Kecamatan Kalidoni, dihadiri oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan, Ketua TP PKK Kota Palembang, Pimpinan Bank BNI Cabang Palembang beserta tamu VIP lainnya.
Soft launching dilakukan di Halaman Kantor Camat Kalidoni digelar bersamaan dengan berbagai event menarik yang telah digelar hari ini. Kamis (17/10)

Pada Acara tersebut kecamatan Kalidoni menginisiasi modernisasi warung-warung warga di Kota Palembang dengan meluncurkan program Warsa (Warung Serba Ada).

Camat Kalidoni Arie Wijaya, mengatakan Warsa menyediakan lima fitur utama, yakni layanan sembako, freshfood, beragam pembayaran PPOB, bank sampah dan agen BNI 46.

“Sistem serta alatnya sudah kami simulasikan dan akan kami pasang di 200 warung yang ada di Kecamatan Kalidoni, nanti perlahan-lahan merambah ke warung-warung lain di Palembang,” ujar Arie Wijaya saat Soft Launching Warsa, Kamis (17/10/2019).

Menurut dia Warsa dijalankan dengan sistem terintegrasi digital melalui market place lokal yakni BoxBelanja.com dan ritel lokal, Ralali.

Market digital ini memiliki fungsi masing-masing, Ralali menghubungkan suplier barang dengan warung, sedangkan Box Belanja menghubungkan warung dengan masyarakat.

Ia menargetkan tahun depan Warsa sudah mencakupi 2.500 warung di Kota Palembang, sehingga sektor-sektor produksi seperti urban farming juga ikut terangkat.

Warsa sudah melalui ujicoba selama satu tahun terkahir dengan penyempurnaan beberapa fitur, kata dia, termasuk memberikan pelatihan kepada 260 orang yang akan menjadi pioner Warsa di Kota Palembang.

“Warsa sudah beroperasi, tapi baru maksimal digunakan masyarakat satu bulan lagi,” imbuhnya.

Ia menjamin harga produk yang ada di Warsa terutama sayur-mayur, lebih murah dari harga pasar karena bahan-bahan dibeli langsung dari suplier pertama. “Bahkan bisa lebih murah dari harga gerobak sayur,” ujarnya.

Selain itu, sistem perbelanjaan yang terintegrasi dengan bank sampah juga memungkinkan masyarakat dapat bertransaksi dengan saldo yang terakumulasi dari hasil pengumpulan sampah. 

beberapa dokumentasi pada acara tersebut:

sumber link berita: http://globalplanet.news/berita/20863/warsa-modernisasi-warung-warga-di-kecamatan-kalidoni